Ilmu Komunikasi adalah ilmu terapan yang bersifat interdisipliner Ilmu Komunikasi cenderung mengawinkan antar berbagai bidang, sehingga muncul kajian komunikasi politik (pasti di dalamnya menyinggung juga ilmu politik atau gejala politik), komunikasi pariwisata, komunikasi bencana/kesehatan, komunikasi pembangunan, dan sebagainya Pembahasan kebudayaan dan komunikasi dalam buku ini disusun ber…
Buku ini lahir karena ketidakpuasan penulis, Dr. Redi Panuju, M.Si, CIQaR, terhadap buku sebelumnya yang berjudul Komunikasi Organisasi: Dari Konseptual Teoritis Ke Empiris (2001). Banyak kolega yang mengkritik buku tersebut: terlalu dominan nuansa organisasi, minim komunikasi. Buku itu telah membunuh bidang kajian penulis sendiri, yakni ilmu komunikasi. Karena itu, buku ini disusun dengan muat…
Daftar Isi BAB 1 PENDAHULUAN 1 A. Komunikasi: Antara Praktik dan Ilmu B. Paradoks Komunikasi C. Kecenderungan Komunikasi D. Komunikasi sebagai Ilmu BAB 2 KARAKTERISTIK KEILMUAN DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI 21 A. Taksonomi Ilmu Komunikasi B. Kemampuan Komunikasi BAB 3 PROSES KOMUNIKASI A. Elemen Komunikasi B. Model Komunikasi C. Esensi Komunikasi D. Kompetensi Memaknai BAB 4 L…
Pemasaran pada dasarnya adalah tentang komunikasi. Sejak produk dirancang dan dikemas, hingga penyebaran informasi produk kepada masyarakat luas, tidak terlepas dari komunikasi. Dari sekian banyak peranan komunikasi, menggeser “kebutuhan” menjadi “keinginan” adalah peran krusial komunikasi dalam pemasaran. Ketika muncul ide bisnis baru, timbul pertanyaan apakah produk yang hendak dipasa…
Pemasaran pada dasarnya adalah tentang komunikasi. Sejak produk dirancang dan dikemas, hingga penyebaran informasi produk kepada masyarakat luas, tidak terlepas dari komunikasi. Dari sekian banyak peranan komunikasi, menggeser “kebutuhan” menjadi “keinginan” adalah peran krusial komunikasi dalam pemasaran. Ketika muncul ide bisnis baru, timbul pertanyaan apakah produk yang hendak dipasa…