Text
Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional & Kontemporer
Metode pembelajaran memiliki fungsi strategis dan sentral untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pergulatan pemikiran menyangkut metode mempunyai sejarah panjang dan berliku dalam kajian pengajaran bahasa asing. Sejarah pembelajaran bahasa telah banyak diwarnai oleh berbagai perdebatan gagasan mengenai apa dan bagaimana bahasa itu dipelajari dan dibelajarkan kepada peserta didik.
Pergulatan itulah yang kemudian melahirkan beragam metode pembelajaran bahasa asing berikut, yaitu: Audiolingual Method, Audiovisual Method, Cognate Method, Cognitive Method, Communicative Method, Community Language Learning Method, Comprehension Primary Method, Direct Method, Dual-Language Method, Eclectic Method, Grammar Translation Method, Language Control Method atau Simplification Method, Mimicry Memorization Method atau Informant-Drill Method, Natural Method, Phonetic Method, Practice-Theory Method, Psychological Method, Reading Method, Silent Way Method, Suggestopedia Method, Total Physical Response Method, dan Unit Method.
Keberagaman metode tersebut menunjukkan betapa dinamis dan variatifnya pembelajaran bahasa asing, sehingga semestinya guru bahasa asing mestinya amat terbantu dan tidak lagi menghadapi kesulitan untuk mengembangkan pembelajaran yang efektif dan efisien. Buku ini telah secara komprehensif menguraikan pendekatan, desain, prosedur dan teknik untuk masing-masing metode yang beragam tersebut.
Tidak tersedia versi lain