Perpustakaan Universitas Buddhi Dharma

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Login Admin
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Mudah Membuat Materi Online Learning
Penanda Bagikan

Text

Mudah Membuat Materi Online Learning

Santoso, Harry B - Nama Orang; Adrian, Fadly - Nama Orang; Putra, Panca O. Hadi - Nama Orang;

Saat ini pembelajaran daring (online learning) sudah berjalan di negeri kita. Perkembangan tersebut tentu saja perlu kita syukuri bersama. Berbagai inisiatif telah dilakukan tidak hanya di level kementerian, tetapi juga di tingkat pendidikan tinggi, hingga pendidikan dasar dan menengah. Khusus di pendidikan tinggi, sudah ada inisiatif dari pimpinan untuk membuat surat keputusan yang dapat memayungi berbagai kegiatan yang dilakukan di universitas bahkan ditingkat fakultas dan program studi. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti sendiri juga memiliki program Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA) dan menyediakan hibah pengembangan open course ware dan open contents untuk mendorong para dosen berpartisipasi dalam pembelajaran daring.

Buku Mudah Membuat Materi Online Learning ini berisi tentang Pengantar Pembelajaran Daring, Learner-Centered Content, Proses Pengembangan Materi, Pemilihan dan Pemanfaatan Authoring Tools, dan Integrasi Materi Ajar dengan Online Learning Platforms. Semoga dengan adanya buku ini dapat membantu kebutuhan para pembaca untuk mempermudah membuat materi online learning. Pembelajaran daring tidak hanya mencakup penggunaan learning management system (LMS) untuk menyimpan materi-materi pembelajaran yang statis, namun juga untuk memfasilitasi materi-materi yang tidak hanya dinamis namun juga berorientasi pada pembelajar (learner-centered content). Untuk membuat materi yang berorientasi pembelajar, kita perlu memahami prinsip-prinsip desain antarmuka dan juga jenis-jenis materi yang sesuai untuk pembelajaran daring, seperti yang kami paparkan pada bagian awal buku ini.

Buku ini secara detail menerangkan proses yang yang perlu dilalui seorang perancang materi, baik itu seorang desainer instruksional, maupun dosen, guru, atau instruktur, untuk mengembangkan materi-materi yang berorientasi pada pembelajar. Proses pengembangan materi tersebut mencakup praproduksi, produksi, dan pascaproduksi.

Buku ini juga mengambil pembelajaran dari best practices yang diterapkan pada massive open online courses (MOOCs), khususnya yang berkaitan dengan pengemasan materi pada MOOC yang tergolong populer. Kehadiran inovasi-inovasi pembelajaran daring seperti MOOC yang didukung dengan perluasan akses jaringan Internet melalui perangkat seluler ke seluruh dunia – bahkan daerah terpencil sekalipun, menggambarkan besarnya potensi perkembangan pembelajaran daring ke depannya.” (Edi S. Mulyanta)


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Buddhi Dharma Tangerang 004.071 San M
UBD 10011 E1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
004.071 San M
Penerbit
Yogyakarta : Andi., 2022
Deskripsi Fisik
xxiv, 280 hlm; 23cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786230129247
Klasifikasi
004.071
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1 Cet. 1
Subjek
Pendidikan Ilmu Komputer
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Buddhi Dharma
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pada tanggal 27 November 2014, Ketua Perkumpulan Keagamaan dan Sosial Boen Tek Bio, Tangerang, Kabid Sekolah Tinggi Buddhi, Tangerang dan Koordinator Panitia Persiapan Pendirian Universitas Buddhi Dharma (P3UBD) menerima SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 604/E/O/2014 tentang perubahan bentuk Perguruan Tinggi, dari Sekolah Tinggi Buddhi menjadi Universitas Buddhi Dharma. Universitas Buddhi Dharma diresmikan pada tanggal 12 Januari 2015 oleh Walikota Tangerang, H. Arief Rachadiono Wismansyah, B.Sc., M.Kes. Bersamaan pembentukan Universitas didirikan Perpustakaan Universitas Buddhi Dharma. Untuk meningkatkan kualitas secara keberlanjutan Universitas Buddhi Dharma (UBD) dibutuhkan support system, khususnya perpustakaan yang dikelola dengan baik. Salah satunya perpustakaan yang sudah menggunakan sistem automasi perpustakaan sejak 2014, sehingga hal ini memudahkan dan meningkatkan layanan perpustakaan guna mencapai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?