Text
Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran
Hermawan Kartajaya adalah Founder dan President MarkPlus, Inc. Pada tahun 2003 beliau disebut sebagai “One of the 50 gurus Who Have Shaped the Future of Marketing” oleh Chartered Institute of Marketing bersama sejumlah ikon pemasaran dunia seperti Philip Kotler, David A. Aaker, Seth Godin, Kenichi Ohmae, dan Al Ries. Menurut Hermawan Kartajaya, pemasaran merupakan jawaban untuk menghadapi persaingan bisnis di ma depan. Dengan terus melakukan evolusi marketing, sebuah institusi dapat terus mempertahankan relevansinya di tengah lanskap bisnis yang terus berubah. Jika dirangkum ke dalam satu perjalanan evolusi, selama 20 tahun terakhir model-model yang berkembang telah bergeser dari rational marketing bergerak menuju emosional marketing hingga spiritual marketing.
Berdasarkan perkembangan teori dan konsep yang pernah dipublikasikan, Hermawan Kartajaya membagi pemikirannya ke dalam tiga milestone, yang menandakan tiga gelombang dari evolusi marketing yang berkembang secara umum. Milestone pertama, Marketing as Strategic Business Discipline. Kedua, Marketing in The New Economy, dan ketiga, Marketing 3.0: Marketing in The New Wave Business Landscape. Buku ini menjabarkan penerapan model-model pemasaran dalam berbagai industri seperti financial service industries; automotive, transportation and logistic; communication, high tech and media; consumers; serta resource and government. Selain itu, penerapan model pemasaran itu dilengkapi pula dengan contoh-contoh nyata perusahaan yang menerapkannya.
Tidak tersedia versi lain