Text
MANAJEMEN : Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan (Edisi 4)
Pada era global dan otonomi daerah sekarang ini semua bidang, baik politik, ekonomi, sosial, budaya, termasuk juga pendidikan dituntut untuk menigkatkan profesionalisme, mengingat tingkat persaingan antarnegara dan antardaerah semakin kompetetif.
Pada sektor pendidikan, setiap penyelenggara pendidikan dituntut untuk selalu meningkatkan kinerjanya sehingga dapat mewujudkan manusia terdidik (educated human beings) yang mempunyai life skills yang berkualitas tinggi. Membentuk manusia yang terdidik bukanlah suatu hal mudah. Di sinilah diperlukannya kesinergian dari fungsi-fungsi manajemen yang ditata secara kreatif dan profesional.
Dalam buku ini mengenai berbagai teori dan konsep manajemen, beserta aplikasinya dalam dunia pendidikan, yaitu berupa praktik dan riset pendidikan. Pembahasan yang detail dan lengkap menjadikan buku ini sangat mudah dipahami dan sangat tepat untuk dijadikan referensi bagi para akademisi dan praktisi dalam upaya mengembangkan pengetahuan tentang manajemen.
(Kembali Ke Atas)
Daftar Isi
BAB 1 KONSEP DASAR ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN
A. Pengertian Administrasi
B. Pengertian Manajemen
C. Perbedaan Administrasi dengan Manajemen
D. Definisi Pendidikan
E. Definisi Manajemen Pendidikan
F. Tujuan dan Manfaat Manajemen Pendidikan
G. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Manajer Pendidikan
H. Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan
BAB 2 PERKEMBANGAN TEORI MANAJEMEN
A. Pendahuluan
B. Teori Manajemen Klasik
C. Pendekatan Hubungan Manusiawi (Human Relaions Apperoach)
D. Pendekatan Teori Perilaku (Behavioral Approach)
E. Pendekatan Kuantitatif
F. Pendekatan Sistem
G. Pendekatan Kontingensi
H. Pendekatan Hubungan Manusia Baru
I. Praktik Perkembangan Administrasi di Indonesia
J. Praktik Manajemen
K. Hasil Riset
BAB 3 PERENCANAAN
A. Pendahuluan
B. Filsafat Perencanaan
C. Tujuan Perencanaan
D. Manfaat Perencanaan
E. Pengertian Perencanaan
F. Sejarah Perencanaan Pendidikan
G. Ruang Lingkup Perencanaan
H. Macam Pendekatan Perencanaan Pendidikan
I. Teori Perencanaan
J. Model Perencanaan Pendidikan
K. Metode Perencanaan
L. Proses Perencanaan
M. Prinsip Perencanaan yang Baik
N. Karakteristik Perencanaan Pendidikan
O. Koordinasi Perencanaan
P. Perana Institusi Perencanaan
Q. Teknik-teknik Perencanaan
R. Praktik Perencanaan Pendidikan
S. Hasil Riset
BAB 4 PENGORGANISASIAN
A. Pendahuluan
B. Tujuan dan Manfaat Organisasi
C. Pengertian Pengorganisasian dan Organisasi
D. Tujuh Pengertian Organisasi
E. Tipe Organisasi
F. Penyakit, Gejala, dan Pengobatan Organisasi
G. Pengembangan Organisasi (Organization Development)
H. Efektivitas Organisasi
I. Pengembangan sumber Daya Manusia (SDM)
J. Perubahan Organisasi
BAB 5 MOTIVASI
A. Pendahuluan
B. Manfaat Teori Motivasi
C. Motivasi dan Motif
D. Teori Motivasi
E. Teknik Motivasi
F. Praktik Motivasi
G. Hasil Riset
BAB 6 KEPEMIMPINAN DAN KEKUASAAN
A. Pendahuluan
B. Manfaat Kepemimpinan
C. Pengertian Kepemimpinan
D. Macam Kepemimpinan
E. Kerangka Perspektif Kepemimpinan
F. Teori Kepemimpinan
G. Konsep Kepemimpinan dan Kekuasaan
H. Praktik Kepemimpinan Pendidikan
I. Hasil Riset
BAB 7 PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
A. Pendahuluan
B. Pengertian
C. model Pengambilan Keputusan
D. Tipe Keputusan Manajerial
E. Metode Keputusan
F. Perbedaan Pengambilan Keputusan Bersama Kelompok dengan Keputusan Kelompok
G. Keuntungan dan Kerugian Pengambilan Keputusan Kelompok
H. Keputusan Diputuskan Sendiri
I. Pemecahan Masalah
J. Praktik Pengambilan Keputusan
K. Penelitian Pengambilan Keputusan
BAB 8 KOMUNIKASI
A. Pendahuluan
B. Tujuan dan Manfaat Komunikasi
C. Pengertian Komunikasi
D. Proses komunikasi
E. Interaksi Leader atau Manajer
F. Jalur Komunikasi
G. Bentuk Komunikasi
H. Prinsip Komunikasi
I. Hambatan Komunikasi
J. Teknik Berkomunikasi Secara Efektif
K. Penggunaan Komunikasi Oral dan Tertulis
L. Praktik Komunikasi
M. Penelitian Komunikasi
BAB 9 KOORDINASI
A. Pendahuluan
B. Tujuan dan Manfaat Koordinasi
C. Pengertian Koordinasi, Kooperasi, dan Sinerji
D. Macam Koordinasi
E. Pendekatan Koordinasi
F. Jenis Koordinasi
G. Prinsip Koordinasi
H. Karakteristik Koordinasi yang Efektif
I. Koordinasi Sumber Daya Pendidikan dalam Rangkai Mencapai Tujuan Pendidikan
J. Koordinasi Sektor Pendidikan dengan Pengembangan Sektor-sektor Lain
K. Persiapan Input Manajemen untuk Mengelola Sumber Daya Pelaksana
L. Koordinasi Permasalahan Ketatalaksanaan
M. Praktik Koordinasi
N. Hasil Riset
BAB 10 NEGOISASI DAN KONFLIK
A. Pendahuluan
B. Pengertian Negoisasi
C. Manfaat Negoisasi
D. Macam Negoisasi
E. Teknik Negoisasi Menang-Menang
F. Konflik dalam Organisasi
G. Persepsi terhadap Konflik
H. Bentuk Konflik
I. Penyebab Konflik
J. Strategi Mengatasi Konflik
K. Takti untuk Mengurangi Konflik
L. Hasil Konflik
M. Model untuk Mengatasi Konflik
N. Hubungan Konflik dengan Efektivitas Organisasi
O. Praktik Negoisasi dan Konflik
BAB 11 PENGENDALIAN
A. Pendahuluan
B. Tujuan Wasdal
C. Manfaat Wasdal
D. Pengertian Wasdal
E. Proses Wasdal
F. Bentuk Pengawasan
G. Prosedur Wasdal
H. Ruang Lingkup Pengendalian
I. Pengawas Sekolah
J. definisi, Manfaat, Pesan, dan Karakteristik Mutu
K. Pesan Mutu
L. Karakteristik Mutu
M. Hierarki Mutu
N. Perkembangan MutuTeknik Pengawasan untuk Peningkatan Mutu
O. Teknik Pengawasan untuk Peningkatan Mutu
P. Praktik Wasdal
BAB 12 MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN
A. Pengertian Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan (MMTP)
B. Perbedaan MMT dengan Manajemen Lainnya
C. Prinsip dan Komponen MMTP
D. Efektivitas Kerja Tim MMTP E. Kepemimpinan MMTP
F. Organisasi MMTP
G. Perbedaan Organisasi Mutu dengan Organisasi Biasa
H. Budaya MMTP
I. Langkah-Langkah MMTP
J. Kerangka Paradigma Manajer Pendidikan
K. Hambatan Penerapan MMTP
L. Faktor Sukses MMTP
M. Asesmen Penerapan MMTP
N. Praktik MMTP
O. Hasil Riset
BAB 13 MANAJEMEN SEKOLAH PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH
A. Pendahuluan
B. Konsep MBS
C. Praktik MPMBS
BAB 14 MANAJEMEN SEKOLAH
A. Stadar Pelayanan minimal (SPM)
B. Pedoman Administrasi Sekolah
Tidak tersedia versi lain