Text
Bacaan Terpilih tentang Total Quality Management
Sebagaimana kita alami,ketahui dan rasakan, dewasa ini kiya hidup dalam suatu jaman yang mempunyai pelbagai ciri yang disebut sebagai era industri, era teknologi, era informasi atau era globalisasi. Jaman tersebut mengandung dimensi perubahan sehingga dapat dikatakan bahwa cirikhas kehidupan dewasa ini adalah perubahan berdasarkan keadaan tersebut yang menjadi tantangan dewasa ini, bukanlah berbicara mengenai adanya perubahan, tetapi bagaimana membawa perubahan ini secara baik. Dengan demikian pimpinan dan manajer organisasi dewasa ini mau tahu atau mau harus menghadapi corporate olyimpics yang semakin kompleks. Hal ini disebabkan karena untuk kelangsungan hidup dan perkembangan kehidupanya, Organisasi harus memiliki daya saing yang harus dicapai melalui peningkatan kualitas dan produktivitas nya, Kapasitas organisasi tersebut menuntut transformasi menuju perubahan manajemen untuk melaksanakan sistem manajemen konteporer yang disebut Total Quality. Manajemen (TQM) adapun TQM itu berarti penerapan metode kuantitatif dan pengetahuan kemanusiaan untuk,memperbaiki material dan jasa yang menjadi masukan pada organisasi, memperbaiki semua proses penting dalam organisasi, memperbaiki upaya guna memenuhi kebutuhan para pemakai prodak dan jasa pada masa kini dan di waktu yang akan datang. Dengan demikian, TQM adalah suatu pendekatan yang seharusnya dilaksanakan oleh organisasi masa kini untuk memperbaiki kualitas, auputnya menekan biaya produksi dan meningkatkan bagi keberhasilan Total Quality dalm suatu organisasi. TQ adalah gerakan yang di manage dengan baik dan keberhasilannya tidaklah datang dari antusiasme para pelakunya yaitu pihak manajemen dan karyawan pertama-tama yang dilakukan managemen dalam upaya perbaikan kualitas produk dan jasa itu pada umumnya dikenal tiga pendekatan, yaitu pemecahan persoalan, kendali produk dan perbaikan proses. Pemecahan persoalan dan kendali produk biasanya mempunyai keterbatasan-keterbatasan sedang pendekatan perbaikan proses pada umumnya lebih optimal. Untuk mencapai optimum tersebut perlu kita memandang organisasi sebagai suatu Exended system.
Tidak tersedia versi lain