Text
Komunikasi Massa
Komunikasi massa adalah komunikasi yang dilakukan melalui media massa. Bentuk-bentuk media massa diantaranya adalah televisi, radio, bioskop, surat kabar, dan majalah. [1]
Komunikasi massa terdiri atas lembaga dan teknik dari kelompok tertentu yang menggunakan alat teknologi (pers, radio, film, dan sebagainya) untuk menyebarkan konten simbolis kepada khalayak yang besar, heterogen dan sangat tersebar.[2]
Komunikasi massa adalah suatu proses yang melukiskan bagaimana komunikator menggunakan teknologi media massa secara proporsional guna menyebarluaskan pengalamannya melampaui jarak untuk mempengaruhi khalayak dalam jumlah yang banyak.[3]
Komunikasi massa adalah proses komunikasi yang dilakukan melalui media massa dengan berbagai tujuan komunikasi dan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak luas. Unsur pentingnya yaitu komunikator, media massa, pesan massa, gatekeeper, khalayak dan umpan balik.[4]
Berdasarkan pengertian komunikasi massa di atas yang dikatakan komunikasi massa adalah sebuah proses komunikasi yang dilakukan oleh lembaga media massa dengan tujuan komunikasi dan menyampaikan informasi kepada khalayak luas, dimana sifat pesannya ini adalah informasi massa yang disebarluaskan melampaui jarak untuk mempengaruhi khalayak yang banyak serta di sebarluaskan melalui bentuk-bentuk media massa seperti televise, radio, film dan sebagainya.
Ciri komunikasi massa adalah bahwa mereka dirancang untuk menjangkau banyak orang. Khalayak potensial di pandang sebagai sekumpulan besar konsumen yang anonim, dan hubungan antara pengirim di pengaruhi olehnya. Pengirim disini adalah lembaga atau biasa disebut seorang komunikator yang professional yaitu jurnalis, presenter, produser. [5]
Tidak tersedia versi lain