Text
Manajemen Sumber Daya Manusia
“Tidak ada Superman dalam suatu organisasi, yang ada adalah Superteam, dimana setiap orang adalah penting”.Manajemen Sumber daya Manusia (MSDM) adalah seni mengatur proses dan pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Manajemen sumber daya manusia meliputi proses perekrutan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi dan masyarakat secara terpadu yaitu meningkatkan daya guna dan hasil guna sumber daya manusia dalam organisasi, dengan tujuan memberi kepada organisasi suatu satuan kerja yang efektif.
Buku ini mengulas pentingnya pengelolaan dan kebijakan MSDM untuk memastikan bahwa organisasi memiliki tenaga kerja yang cerdas, jujur berintegritas tinggi serta bertanggung jawab penuh atau bermotivasi dan berkinerja tinggi. Manajemen harus selalu siap mengatasi masalah perubahan dan memenuhi kewajiban pekerjaan secara legal, mampu mengimplementasikan dan menjaga semua kebijakan dan prosedur MSDM yang memungkinkan organisasi mampu mencapai tujuannya, membantu dalam pengembangan arah keseluruhan organisasi dan strategi, khususnya yang berkaitan dengan implikasi MSDM, memberi dukungan dan kondisi yang akan membantu manajer lini mencapai tujuannya,menangani berbagai krisis dan situasi sulit dalam hubungan antar pekerja untuk meyakinkan bahwa mereka tidak menghambat organisasi dalam mencapai tujuannya, menyediakan media komunikasi antara pekerja dan manajemen organisasi serta bertindak sebagai pemelihara standar organisasional dan nilai dalam manajemen sumber daya manusia.
Keunggulan kompetitif dari unsur sumber daya manusia merupakan kelebihan yang dimiliki oleh peran manajemen strategis yang menekankan bahwa orang- orang dalam organisasi merupakan sumber daya yang penting dan investasi organisasi yang besar. Agar sumber daya manusia dapat berperan strategis maka harus fokus pada masalah-masalah dan implikasi sumber daya manusia jangka panjang. Faktor eksternal dan internal merupakan faktor penting selain kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi, kompensasi, lingkungan kerja yang turut mempengaruhi produktifitas dan kinerja karyawan dalam organisasi atau perusahaan dalam rangka mencapai tujuan.
Tidak tersedia versi lain