Text
Strategi Komunikasi & Statistik Sosial
Keberadaan strategi komunikasi telah dapat dikatakan sebagai sebuah ilmu, setelah
ditelaah melalui pendekatan berpikir filsafat seperti di atas. Beberapa kajian ilmu
komunikasi seperti komunikasi organisasi, komunikasi manajemen, komunikasi
antarbudaya, komunikasi politik, dan lain sebagainya dapat dipersatukan dalam
strategi komunikasi. Kemudian yang menjadi ciri khas dari strategi Komunikasi yaitu
strategi komunikasi yang telah memiliki objek;-bidang garapan, dan metodologi
kajian-yang:jelas, dan lengkap: Agar dapat dikatakan menjadi sebuah ilmu yang
kemudian menjadi telaah, objek kajian, maupun perlakuan atau setting lingkungan
dan keadaan tertentu agar suatu proses komunikasi tepat sasaran dan menciptakan
kesepahaman merupakan serangkaian kegiatan kehidupan para pelaku proses
komunikasi.
Media, komunikator, pesan, komunikasi, budaya; lingkungan atau bahkan
gangguan, di dalamnya dapat menjadi objek kajian strategi komunikasi tersebut.
Objek-objek.tersebut mampu dikelola dengan baik menggunakan pendekatan
adaptif. Misalnya, serangkaian kegiatan komunikasi-yang terjadi antara penjual dan
pembeli pada transaksi pasar digital. Proses komunikasi dalam transaksi antar
penjUal:dan.pembeli tetap»terjadi walaupun dilakukan dalam.keadaan-virtual.
Proses transaksi tersebut dapat dikatakanberhasil apabila berlangsung dengan
cepat, keinginan.kedua pihak merasa terpenuhi, dan pesan dapat dimengerti_oleh
keduanya.
Tidak tersedia versi lain