Detail Cantuman
Advanced SearchText
Peran Sentral Manajemen Pemasaran Dalam Organisasi
Tentunya Anda sering melihat orang-orang menawarkan barang dan jasa di dalam lingkungan Anda tinggal. Ada juga iklan-iklan di televisi yang mempromosikan produk yang mereka jual dengan mempertunjukkan kelebihan produk-produk mereka. Apakah itu menurut Anda merupakan pemasaran? Apa sebenarnya pengertian dari pemasaran yang sebenarnya? Saya akan mencoba menjelaskan tentang kekeliruan yang timbul di masyarakat ini.
Banyak orang sering menggunakan istilah pemasaran untuk kegiatan periklanan atau penjualan. Semuanya itu sebenarnya hanyalah merupakan sebagian dari kegiatan pemasaran. Penjualan sebenarnya hanyalah merupakan salah satu bagian kegiatan pemasaran yaitu hanya menyangkut kegiatan transaksi yang sesungguhnya dilakukan. Periklanan merupakan salah satu metode kegiatan promosi yang merupakan bagian lain dari kegiatan pemasaran yaitu menyangkut aktifitas komunikasi. Sedangkan pemasaran meliputi masalah penetapan produk, harga, saluran distribusi dan promosi oleh perusahaan selain kegiatan penjualan di atas. (Pandji Anoraga, 1997)
Definisi pemasaran dapat dibedakan kedalam definisi social dan manajerial. Definisi social adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Adapun definisi manajerial menurut Asosiasi Pemasaran Amerika (American Marketing Association/AMA) adalah proses perencanan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran individu dan organisasi. Definisi ini menyatakan bahwa manajemen pemasaran adalah proses yang mencakup analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian, juga mencakup barang, jasa, gagasan, berdasarkan pertukaran dan tujuannya adalah memberikan kepuasan-kepuasan kepada pihak yang terlibat.
Ketersediaan
PUB04481 | 658.4 Ish p | Perpustakaan Universitas Buddhi Dharma Tangerang | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dapat dipinjam |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
658.4 Ish p
|
Penerbit | Ekanisia : Yogyakarta., 2011 |
Deskripsi Fisik |
vi, 169 hlm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
9789799015631
|
Klasifikasi |
658.4
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain