Image of Metode Penelitian

Text

Metode Penelitian



Pengetahuan tentang metode penelitian semakin dirasakan manfaatnya dan telah menjadi perangkat yang penting bagi mahasiswa putra dan putri yang sedang mengikuti kuliah di perguruan tinggi. Mengingat buku tentang metode penelitian belum begitu banyak diterbitkan di Indonesia, maka penulis buku memberanikan diri untuk menyusun suatu buku sederhana tentang metode penelitian yang dapat dipergunakan sebagai buku teks oleh mahasiswa ataupun sebagai buku referensi bagi peneliti-peneliti muda.

Isi buku ini mencakup metode, prosedur, dan teknik penelitian yang secara umum biasa dipergunakan dalam penelitian ilmu sosial dan ilmu natura. Penjelasan-penjelasan diarahkan untuk memberikan bekal teori dan terapan kepada mahasiswa dan peneliti muda dalam rangka memecahkan masalah penelitian dengan pendekatan ilmiah. Penekanan diberikan pada pengertian tentang metode ilmiah serta hubungannya dengan desain dan metodologi dalam memecahkan masalah penelitian, jenis-jenis metode penelitian yang lazim digunakan, serta teknik-teknik yang lumrah dipergunakan dalam mengumpulkan dan menganalisa data.

Teknik terapan ditekankan kepada metode survei dan metode percobaan serta membentuk pemikiran kritis dan analisis tentang sampling maupun desain percobaan. Materi pokok mencakup kajian tentang pentingnya penelitian, perumusan masalah penelitian, studi kepustakaan, perumusan dan teknik menguji hipotesis, teknik pengumpulan data, analisis dan pemberian interpretasi, serta penulisan makalah ilmiah.

Buku ini berisi penjelasan-penjelasan tentang ilmu dan penelitian, metode ilmiah, beberapa metode penelitian, studi kepustakaan, desain penelitian, teknik merumuskan masalah, mengukur variabel, merumuskan hipotesis, dan menguji hipotesis. Seterusnya buku ini juga menjelaskan teknik mengumpulkan data, desain percobaan, teknik sampling, pembuatan skala analisis, interpretasi dan perumusan kesimpulan, analisis statistik, dan teknik membuat laporan ilmiah.


Ketersediaan

CAM 4088 a1001.4 Naz mPerpustakaan Universitas Buddhi Dharma TangerangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
001.4 Naz m
Penerbit Ghalia Indonesia : Bogor.,
Deskripsi Fisik
x, 486 hlm, 250 mm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789794501733
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cetakan 9
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this