Image of FILSAFAT ILMU ISLAM DAN BARAT

Text

FILSAFAT ILMU ISLAM DAN BARAT



DESKRIPSI :



Buku ini hadir untuk mengurai dan menjawab beberapa di antara berbagai pertanyaan yang muncul dalam topik filsafat ilmu menurut perspektif Barat maupun Islam, dan hubungan antara keduanya. Buku yang terdiri dari dua belas bab ini ditulis oleh delapan penulis yang pakar di bidangnya.



Saat kita tahu bahwa kini Barat mempropagandakan konsep-konsep mereka tentang ilmu, maka harus ditelusuri kisahnya melalui sejarah mereka. Bab awal buku ini, Sekularisasi Ilmu, mengupas permasalahan ini. Bab ini menyinggung filsafat pada zaman Pre-Socratic hingga revolusi ilmiah saat ini. Dijelaskan pula, terjadinya sekularisasi dan westernisasi ilmu yang mengandalkan rasio dalam mengukur kebenaran.



Bab-bab selanjutnya berbincang tentang konsep ilmu di dalam Islam. Tiap-tiapnya membahas definisi, pemetaan metodologi, dan epistemologi Islam. Dalam bab Prinsip-Prinsip Dasar Epistemologi Islam misalnya, Dr. Syamsuddin Arif menekankan bahwa perlunya sikap kritis seorang muslim dalam mengambil sumber ilmu. Beliau menegaskan kembali konsep ulama terdahulu bahwa ilmu merupakan agama, maka kepada siapa kita berguru adalah hal yang wajib kita perhatikan. Dengan kata lain, ilmu harus dicari dari sumber yang otoritatif yang memiliki pandangan hidup Islam.


Ketersediaan

UBD 7572 E1100 Ham fPerpustakaan Universitas Buddhi Dharma TangerangTersedia
UBD 7572 E2100 Ham fPerpustakaan Universitas Buddhi Dharma TangerangTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
100 Ham f
Penerbit Alfabeta : Bandung.,
Deskripsi Fisik
x, 166 Hlm ; 24 Cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786022892540
Klasifikasi
100
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this