Penganggaran Perusahaan merupakan buku yang berisi tentang pengetahuan dan keterampilan bagi pembaca terutama mahasiswa dalam memahami konsep-konsep penganggaran perusahaan dan penerapannya dalam bidang anggaran. Pembaca dapat belajar, memahami dan mempraktikkan pembuatan anggaran di perusahaan. Dalam buku ini menjelaskan tentang konsep Gambaran Umum Anggaran, Anggaran Forecasting, Anggaran Pen…
Membangun sebuah bisnis usaha membutuhkan perhitungan secara matang, terutama dalam menghadapi dinamika perkembangan bisnis saat ini. Tidak jarang, perubahan tersebut membuat perusahaan melakukan inovasi terhadap output yang ditawarkan baik dari produk maupun jasa. Tentu saja hal ini membutuhkan input yang matang agar nantinya dana yang dikeluarkan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Sa…
Anggaran perusahaan adalah estimasi keuangan untuk kebutuhan operasianal kegiatan perusahaan dengan tujuan untuk memproyeksikan pengoprasian perusahaan dimasa yang akan datang. Anggaran Perusahaan merupakan komponen penting dalam pencapaian tujuan perusahaan, yang membantu perusahaan dalam mengalokasikan dan memprediksi tingkat keuntungan di masa yang akan datang. Buku ini mencoba memberikan p…
Budgeting merupakan salah satu langkah yang paling penting dalam pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Tanpa budgeting, tentunya sebuah perusahaan tidak bisa melaksanakan usahanya dengan optimal. Maka dari itu, bisa disimpulkan bahwa budgeting adalah proses pembuatan anggaran atau perencanaan keuangan. Budgeting bisa dilakukan untuk perencanaan keuangan perusahaan maupun pribadi. Biasanya budg…
Buku ini merupakan pegangan wajib dan saya dedikasikan untuk seluruh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Indonesia baik di lingkungan instansi pemerintah pusat dan daerah, Badan Layanan Umum, BUMN, kecamatan, dan pedesaan, serta PPK pada sektor swasta pun dapat mengadopsi berbagai strategi yang ada pada buku ini. Buku ini menawarkan “11 (sebelas) Teori Formulasi Dokumen Penyusunan Spesifikas…
“Membangun sebuah bisnis usaha membutuhkan perhitungan secara matang, terutama dalam menghadapi dinamika perkembangan bisnis saat ini. Tidak jarang, perubahan tersebut membuat perusahaan melakukan inovasi terhadap output yang ditawarkan baik dari produk maupun jasa. Tentu saja hal ini membutuhkan input yang matang agar nantinya dana yang dikeluarkan dapat berjalan secara efektif dan efisien. …