Buku Pengembangan Kreativitas dan Inovasi (Jenis, Proses, Pendekatan, Teknik, dan Strategi) ini memaparkan tujuh topik utama, meliputi disiplin ilmu kewirausahaan, yang membahas objek studi kewirausahaan; kreativitas dan inovasi, yang membahas jenis, proses, teknik, dan pengembangan kreativitas dan inovasi; berpikir kreatif, yang membahas ciri, manfaat, dan pengembangan berpikir kreatif; kreati…
Manajemen strategi merupakan bidang kajian yang saat ini sedang diminati oleh banyak pihak dan menjadi mata kuliah serta konsentrasi di berbagai sekolah bisnis, baik di Indonesia maupun di tingkat global. Fokus utama kajian manajemen strategi adalah mencari posisi perusahaan yang tepat di pasar dengan memperhitungkan kemampuan internal dan kondisi eksternalnya. Aspek mternal berkaitan dengan su…
Manajemen stratejik memiliki cakupan yang sangat beragam, baik secara teoretis maupun aplikasinya. Berdasarkan atas pertimbangan keberlangsungan penciptaan dan penyampaian nilai pada setiap fungsi organisasi, maka manajemen stratejik dideskripsikan sebagai suatu kesatuan proses manajemen yang berulang-ulang serta kemampuannya untuk mendistribusikan dan mengembangkan nilai bagi pemangku kepentin…
Buku Manajemen Strategi Sektor Publik adalah sebuah buku yang kan menjelaskan tentang konsep, teori, dan praktik manajemen strategi untuk meningkatkan kinerja organisasi. Buku ini juga dilengkapi dengan isu-isu penting yang berkaitan dengan kebijakan, manajemen strategi, implementasi strategi, dan juga strategi dalam sektor publik. Buku ini akan meningkatkan kinerja organisasi dengan tepat dan …
Perkembangan dunia yang mengalami perubahan cepat dan kompetitif, dengan adanya globalisasi, memberikan dampak bagi perkembangan pemerintahan dalam suatu negara. Kontrol masyarakat terhadap pelaksanaan kegiatan pemerintahan, membuat pemerintah tidak dapat membuat kebijakan yang mengabaikan kepentingan masyarakat. Dalam menjalankan kegitannya, diperlukan adanya keselarasan antara kompetisi yang …
Buku Strategi Pemasaran Retail Jilid 1 Strategi pemasaran ritel mengacu pada pemasaran berdasarkan variabel, dimana pedagang eceran dapat menggunakan alternatif sebagai strategi pemasaran untuk menarik konsumen. Variabel ini biasanya mencakup faktor-faktor seperti jenis barang dan jasa yang ditawarkan, harga, iklan, promosi dan tata letak, desain toko, lokasi toko, dan presentasi barang daganga…
Merosotnya perekonomian Indonesia selama masa pandemi Covid 19 menyebabkan banyaknya pengangguran yang beralih ke industri rumahan, namun belum memiliki pengetahuan memadai dalam menjalankan usahanya. Perlu adanya pemahaman bagaimana melakukan branding usaha yang menarik, mengelola media sosial dan marketplace, pencatatan transaksi yang konsisten, dan menghitung harga pokok produksi serta menen…
Sejak YouTube menjadi media sosial di Indonesia, konstelasi atau landscape industri digital pun mengalami perubahan yang cepat dan dinamis. Bagi anak muda era sekarang, mobile smartphone lebih menarik dibandingkan tayangan TV yang tidak mempunyai genre dan konten baru. Di era post-televisi, audiens tak lagi hanya menjadi konsumen pasif, tetapi juga berperan aktif dalam menghasilkan konten da…
Perilaku konsumen merupakan aktivitas yang dilakukan oleh konsumen dalam bagaimana memperoleh barang dan jasa, menggunakannya dan tidak memakainya lagi sebagai hasil dari pengaruh faktor-faktor pribadi dan lingkungan, serta kegiatan pemasaran. Perilaku konsumen berpusat pada proses keputusan pembelian. Proses keputusan pembelian yang kompleks terdiri atas lima langkah, yaitu (1) munculnya kebut…
Kesuksesan sebuh perusahaan kini tidak lagi diukur dengan memenangi persaingan berdarah-darah di samudra merah, tetapi dengan menciptakan ruang pasar baru yang belum termanfaatkan—samudra biru (Blue Ocean Strategy). Lebih dari sepuluh tahun strategi ini digagas dan berhasil dipraktikkan oleh banyak perusahaan. Berdasarkan penelitian terhadap strategi 30 industri yang telah dipraktikkan sel…
"Strategi UMKM dan Bisnis Kreatif" adalah panduan yang menginspirasi dalam dunia bisnis yang dinamis dan berdaya saing. Buku ini menawarkan panduan mendalam untuk pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta bisnis kreatif, dengan fokus kuat pada inovasi sebagai kunci kesuksesan di era ekonomi yang berubah cepat. Pembaca akan diajak dalam perjalanan mulai dari perencanaan awal hing…
Buku Strategi Pemasaran 5.0 ini merupakan edisi ke-2 dari buku Strategi Pemasaran yang penulis susun tahun 2011. Beriringan perubahan lingkungan yang begitu cepat, yaitu adanya pandemi COVID-19 ketika buku ini ditulis, serta perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dengan memanfaatkan teknologi digital untuk seluruh sektor kehidupan manusia, baik pada sektor bisnis, pemerintah…
Perkembangan industri furniture di Indonesia khususnya di Jawa Timur selama ini tidak lepas dari berbagai kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah. Pemberian kemudahan dalam berinvestasi dan perolehan bahan baku kayu log, mendorong industri furniture semakin berkembang, bahkan industri-industri furniture yang sempat terpuruk dimasa krisis kini mulai bangkit kembali. Sementara itu pasaran eksp…
UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada permasalahan pasar dan pemasaran, modal atau pembiayaan, bahan baku, teknologi, SDM, kewirausahaan, manajemen, birokrasi, infrastruktur, kemitraan, dan kelembagaan, ditambah lagi dampak Covid-19 menambah berat tangtangan bagi UMKM. Kondisi ini bukan pilihan, tapi harus dihadapi untuk meningkatngkan daya saing, dengan mengikuti perubahan dan tuntutan pasa…
Organisasi bisnis dihadapkan pada ketidakpastian lingkungan. Saat ini telah mengarah pada VUCA. Berbagai tantangan lingkungan tersebut membuat organizational agility berperan penting. Pemimpin dan setiap orang yang ada dalam organisasi harus gesit supaya bisa sustainability. Industri sasirangan harus gesit menyikapi keadaan itu. Open innovation dan collaboration juga penting. Kolaborasi berpera…
Telah banyak telaahan dan tulisan mengenai manajemen stratejik, baik dalam bentuk buku ajar, artikel dan penelitian; tetapi cukup langka penulisan telaahan komprehensif yang memadukan teoretis dengan praktis dalam tataran manajemen stratejik. Buku ajar Manajemen Stratejik ini dikemas dalam bentuk pemaparan secara kohesif di antara landasan teoretis dengan praktis, sekaligus sebagai refleksi at…
Markplus Indonesia resmi merilis buku kisah 12 brand lokal unik yang menjadi pilihan generasi Z berjudul 12 Z BRND OF INA. Buku tersebut berisi upaya marketing brand-brand lokal untuk menggaet minat generasi Z.
Dalam buku ini yang dimaksud dengan pembelian adalah pembelian dalam organisasi/ bisnis, terutama pembelian alat – alat/mesin-mesin yang relatif mahal atau pembelian barang habis pakai, namun berulang dan dalam jumlah cukup banyak. Walaupun pembahasan pada buku ini merupakan pembahasan dalam pembelian organisasi/ bisnis, namun langkah-langkah dalam proses pembelian dapat digunakan dalam pembe…
Buku ini ditulis dengan tujuan untuk menyajikan proses manajemen strategi berdasarkan konsep maupun teori-teori baru dengan standar yang up-to-date. Untuk mencapai tujuan ini, penulis menyajikan buku ini yang secara intelektual kaya didukung praktik manajemen strategi yang locally-contextualized. Harapannya, mahasiswa sebagai konsumen utama buku ini lebih mudah dalam mempelajari konsep maupun t…
Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro sebagaimana diatur dalam undang-undang. Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian ba…
Manajemen Strategi adalah ilmu dan seni dalam hal formulasi, implementasi, dan evaluasi keputusan-keputusan strategis yang memungkinkan organisasi mencapai tujuannya di masa mendatang. Karakteristik lingkungan yang dinamis akan berdampak pada organisasi menyikapi keadaan perubahan dalam implementasi kegiatan manajemen pada jangka panjang. Sejalan dengan hal tersebut, maka manajemen strategi sen…
Dalam masa pandemi Covid-19 ini UMKM merupakan bagian yangmampu menggerakkan ekonomi masyarakat kita. Keberlangsungan UMKMdalam masa ini menjadi bagian yang sangat penting.Buku Kinerja dan Keberlangsungan UMKM ini berisi tentang UMKMdan perkembangannya, serta pada masa pandemi COVID-19, kemudiantentang UMKM di Bandar Lampung, khususnya di tiga pasar terbesar danikonis yang berada di pusat Kota …
DI era globalisasi ini, permasalahan ekonomi menuntut penyelesaian secara instan dengan bantuan kecepatan teknologi yang berkembang sangat pesat. Selain itu, makin banyak kebutuhan ekonomi yang harus dipenuhi karena banyaknya masalah yang muncul, antara lain dari faktor pertumbuhan populasi manusia yang lebih cepat ketimbang faktor produksi, masalah bencana alam, peperangan, pertukaran nilai, k…
Buku Manajemen Strategis inovasi teknologi edisi keempat Penerbit Pustaka Pelajar Penulis : Melissa A.Schiling Kertas HVS, 616 halaman. Cetakan ke-1, tahun 2015 Ketika para sarjana dan manajer berlomba-lomba untuk memahami inovasi secara lebih baik, beragam karya dalam berbagai disiplin seperti manajemen strategis, teori organisasi, ekonomi, pemasaran, rekayasa, dan sosiologi …
Berbagai perubahan yang dibuat dalam buku Manajemen Strategis edisi 12 ini dimaksudkan untuk mengilustrasikan pengaruh tatanan dunia baru pada teori dan praktik manajemen strategis. Oleh karena besarnya perubahan yang memengaruhi perubahan, budaya, dan negara, setiap halaman dalam buku ini telah disesuaikan dengan perkembangan terbaru. Edisi pertama buku ini terbit pada tahun 1986, dan sejak sa…