Jurnalisme menjadi bertransformasi seiring dengan perkembangan teknologi, namun kehadiran internet dan platform media sosial seakan memberikan arah baru bagi kajian-kajian keilmuan jurnalisme tersebut. Tidak sekadar menyediakan saluran baru dalam mendistribusi informasi berupa berita, khalayak baru pun muncul sebagai bagian dari proses mulai dari pencarian peristiwa, pengolahan atau produksi, b…
Perkembangan kajian media komunikasi di perguruan tinggi menunjukkan penambahan objek materi kajian. Teknologi komunikasi dan internet - media siber - tidak lagi sekadar subbab atau bagian dari pokok bahasan, namun juga telah berubah menjadi kajian yang mandiri - mata kuliah baru dan objek riset yang memiliki keunikan. Topik utama buku ini antara lain membahas teori dan definisi cybermedia, imp…
Media siber (cybermedia) merupakan medium baru yang tidak sekadar menjadi sarana untuk menyampaikan pesan, tetapi juga sebagai ruang komunikasi dan budaya terjadi. Kehadirannya tidak hanya membawa perubahan terhadap budaya di antara penggunanya, tetapi juga menjadikan perubahan itu sebagai objek kajian yang menarik untuk dieksplorasi. Pendekatan etnografi virtual yang mulanya muncul pada kaj…
Daftar Isi 1 KARAKTER KHALAYAK 1 APA ITU KHALAYAK? 1 Khalayak Media 5 KARAKTER KHALAYAK 7 Teori Pertimbangan Sosial 11 KHALAYAK DALAM JURNALISME 13 Ruang Publik 16 2 KHALAYAK: PASIF ATAU AKTIF 21 TAKSONOMI HISTORIS KHALAYAK PASIF-AKTIF 21 KHALAYAK PASIF 22 Teori Kultivasi 27 Spiral Keheningan 29 KHALAYAK AKTIF 32 KHALAYAK AKTIF/PASIF 38 Penentuan Agenda antara Media dan Khalaya…
Komunikasi digital merupakan bentuk dari interaksi institusi dan masyarakat dengan medium teknologi internet. Interaksi ini tidak sekadar menjalankan fungsi-fungsi kehumasan dan upaya meningkatan citra semata, melainkan juga membangun kepercayaan masyarakat yang pada akhirnya dapat melibatkan masyarakat dalam publikasi program-program yang dilaksanakan institusi. Terlebih di era digital, keber…
Media siber (cybermedia) merupakan medium baru yang tidak sekadar menjadi sarana untuk menyampaikan pesan, tetapi juga sebagai ruang komunikasi dan budaya terjadi. Kehadirannya tidak hanya membawa perubahan terhadap budaya di antara penggunanya, tetapi juga menjadikan perubahan itu sebagai objek kajian yang menarik untuk dieksplorasi. Pendekatan etnografi virtual yang mulanya muncul pada kaj…