Metode penelitian akuntansi dan keuangan adalah metode ilmiah yang diguankan dalam memecahkan masalah atau fenomena yang berhubungan dengan masalah akuntansi dan keuangan dengan menggunakan data baik data primer maupun data sekunder dengan analisis kuantitatif maupun kualitatif. Dalam suatu penelitian sangat diperlukan adanya penyajian secara sistematis daripada hasil–hasil penelitian itu …
Perilaku manusia diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu (goal oriented) dengan kemampuan kerja terbatas, baik fisik, daya pikir, waktu, tempat, pendidikan, dan banyak faktor lain yang membatasi kegiatan manusia. Adanya keterbatasan ini menyebabkan manusia tidak dapat mencapai sebagian besar tujuannya tanpa melalui kerja sama dengan orang lain. Hal ini menjadi dasar penting mengapa manusia sel…
Perilaku konsumen (consumer behavior) Sebagai interaksi dinamis antara pengaruh dan kognisi, perilaku, dan kejadian di sekitar kita di mana manusia melakukan aspek dalam hidup mereka. Paling tidak ada tiga ide penting dalam definisi di atas, yaitu: (1) perilaku konsumen adalah dinamis, (2) perilaku konsumen melibatkan interaksi antara pengaruh dan kognisi, perilaku, dan kejadian di sekitar, dan…
Ekonomi manajerial merupakan teori ekonomi mikro secara aplikasinya bagaimana pengambilan keputusan harus dilakukan berdasarkan fakta ekonomi. Namun secara umum bahwa ekonomi manajerial adalah merupakan salah satu cara memberikan suatu optimasi untuk mencapai tujuan perusahaan yang berkaitan dengan proyeksi pasar dan proyeksi pengendalian biaya-biaya yang layak dikorbankan perusahaan. Bab pada …
Buku Perilaku Organisasional ini pada dasarnya membahas perilaku manusia dalam organisasi. Level analisisnya terdiri dari tingkat individu, tingkat kelompok, dan tingkat organisasi. Pembahasan pada tingkat individu meliputi kemampuan, pembelajaran, kepribadian, persepsi, sikap, motivasi, dan stress. Pada tingkat kelompok membahas tentang perilaku kelompok, pengambilan keputusan, komunikasi, kep…
Dalam berbagai kajian ilmu pengetahuan, penelitian memang penting dilakukan, termasuk dalam ilmu ekonomi. Di dalam buku ini akan dibahas tentang model analisis jalur statistik untuk riset-riset bidang ekonomi. Model analisis jalur merupakan landasan menuju pemahaman Structural Equation Model (SEM). Adapun model analisis jalur yang akan dipaparkan pada buku ini diantaranya analisis satu jalur, d…
ststistik ekonomi induktif merupakan ilmu pengetahhuan yang dominan berhitung dan sangat diperlukan dalam pemahaman mengenai kebenaran ilmiah dari hasil pengujian secara sistematik dan terukur. bahasan dalam buku ini diantaranya adalah: - teori probabilitas - model distribusi probabilitas teoritis - estimasi statistik - test hipotesis - uji khi-kuadrat - analisis variansi - analisis reg…
buku ini meliputi 12 bab yaitu fungsi deret, linear, kuadrat, eksponesial dan logaritma, diferensiasi, dan derivatif, integral, fungsi multivariabel, aljabar metriks linear, programm linear, penyusutan asset, problematika penugasan, dan model distribusi transportasi
Perilaku Organisasional pada dasarnya membahas perilaku manusia dalam organisasi. Level analisisnya terdiri dari tingkat individu, tingkat kelompok, dan tingkat organisasi. Pembahasan pada tingkat individu meliputi kemampuan, pembelajaran, kepribadian, persepsi, sikap, motivasi, dan stres. Pada tingkat kelompok membahas tentang perilaku kelompok, pengambilan keputusan, komunikasi, kepemimpinan,…
Perilaku konsumen/pasar selalu berubah-ubah dan sulit ditebak arahnya ke mana. Maka dari itu dibutuhkan riset sederhana yang digunakan untuk mengenali konsumen agar produk atau jasa yang akan dipasarkan bisa sampai ke tangan konsumen secara tepat dan cepat. Buku ini akan membantu pembaca agar lebih mudah membidik konsumen/pasarnya. Materi buku ini dapat dimanfaatkan mahasiswa yang akan/sedan…
Pengertian Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan. Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusi…
Analisis regresi dan korelasi erat kaitannya dengan pengukuran pengaruh atau pun hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat dalam statistik. Penggunaan analisis tersebut sangat bergantung pada topik yang diteliti, bisa dilakukan sendiri-sendiri atau bersama-sama. Untuk menguji data dengan topik lain maka dibutuhkan rumusan dan perhitungan uji hipotesis. Hipotesis pada dasarnya merupaka…
Buku ini mengaplikasikan secara sederhana praktik program SPSS Nonparametrik ke dalam kasus ekonomi dan kasus lainnya. Dalam praktik, program SPSS Nonparametrik banyak digunakan pada penelitian secara umum baik pada sampel yang bersifat dependen maupun yang bersifat independen, dengan masing masing kasus ekonomi mempunyai karakteristik sampel yang berbeda.
Pemasaran adalah satu proses sosial dengan mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya. Pemasaran merupakan ujung tombak dari kegiatan bisnis dalam rangka menjual produk kepada konsumen industri maupun konsumen akhir. Pemasaran yang baik dan berhasil harus dilakukan tahap…
Di dalam auditing selalu diperlukan Informasi yang dapat diverifikasi dan kriteria yang dapat dipakai oleh auditor sebagai pegangan untuk mengevaluasi Informasi tersebut. Auditing yang cepat dan akurat akan menghemat waktu untuk kemudian memikirkan strategi perusahaan untuk terus berkembang. Buku Auditing (Pemeriksaan Akuntansi) ini disusun dengan sederhana melalui penyesuaian-penyesuaia…
Strategi pemasaran adalah pendekatan pokok yang akan di- gunakan oleh unit bisnis dalam mencapai sasaran atau konsumen yang telah ditetapkan. Di dalamnya tercantum keputusan-keputusan pokok mengenai target pasar, penempatan produk di pasar, bauran pemasaran, dan tingkat biaya pemasaran yang diperlukan. ' Buku Strategi Pemasaran ini ditulis secara ringkas, padat, se- derhana, dan di setiap…