Buku Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia ini berisi uraian tentang pemikiran hukum dan ketentuan hukum mengenai perlindungan terhadap konsumen sehubungan dengan memakai atau mengonsumsi barang dan jasa konsumen produk dari pelaku usaha, dengan pedoman dasar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan peraturan perundang-undangan yang terkait.
Sebagai sasaran utama dari para produsen, konsumen berada pada posisi yang rentan untuk mengalamai ketidakadilan dan amnipulasi dalam relasi produsen-konsumen. Bahkan teknik promosi dan advertising menyebabkan tak jarang konsumen tannpa sadar membeli produk-produk secara tidak rasional atau dilanggar hak-haknya. Karena itu, dibutuhkan seperangkat aturan dan regulasi yang bisa membela hak-hak ko…
Buku ini merupakan himpunan makalah-makalah pembicara maupun pembanding pada seminar nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UNISBA dengan tema Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen Dalam Sistem Hukum Nasional Menghadapi Era Perdagangan Bebas. Pda saat seminar diselenggarakan yaitu tanggal 9 Mei 1998-Undang-Undang perlindungan konsumen belum diterbitkan, sehingga masukan-masukan dari…
Buku ini merupakan penerapan atau pelaksanaan dari Undang-Undang Perlindungan konsumen No. 8 Tahun 1999 dan yang dimaksud dengan perlindungan adalah jaminan yang seharusnya diperoleh setiap konsumen khususnya konsumen akhir dari sebuah produksi yang dikonsumsi, digunakan, dipakai, dan sebagainya.
Kemajuan teknologi dalam dunia bisnis saat ini mendorong setiap transaksi jual-beli dapat berlangsung secara virtual atau tanpa tatap muka. Hal ini memberi kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, transaksi virtual ini dianggap memiliki risiko sengketa lebih tinggi dibandingkan konvensional karena tidak ada pertemuan fisik antara penjual dengan konsumen. Dari sisi …