“In God we trust. All others must bring data.” Pernyataan William Edwards Deming ini amat relevan bagi pengambilan keputusan strategik dan taktikal pemasaran dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Riset pemasaran memfasilitasi perancangan, pengumpulan, penganalisisan, dan pelaporan secara sistematis atas data dan temuan yang relevan dengan situasi pemasaran spesifik. Buku ini mengulas prinsi…
Informasi harus disediakan oleh riset pemasaran karena mahalnya biaya riset dan persaingan yang semakin tinggi serta perlunya pengambilan keputusan yang benar dan tepat agar tercapainya kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen telah menjadi titik sentral perhatian dalam bisnis dan manajemen sehingga berbagai literatur yang menyangkut bisnis dan manajemen organisasi, baik yang bersifat mencari laba …
Seperti halnya Buku Seri 1 dan 2, Buku Riset Pemasaran dan Konsumen Seri 3 juga terdiri dari dua bagian. Bagian pertama membahas beberapa metode statistik untuk mengolah, menyajikan, dan menganalisis data. Metode statistik yang dibahas adalah ANOVA (Analysis of Variance), ANCOVA (Analysis of Covariance), Regression (Regresi), dan SEM (Structural Equation Modelling). Bagian kedua mendiskusikan b…
Buku ini adalah kelanjutan dari Buku Seri 1: Riset Pemasaran dan Konsumen. Buku Seri 1 membahas prosedur melakukan riset pemasaran dan konsumen serta membahas berbagai topik riset pemasaran dan konsumen berdasarkan kajian artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah. Buku Seri 2 ini terdiri dari dua bagian utama. Bagian pertama membahas persiapan data untuk diolah dan dianalisis serta metode stati…
Buku ini dapat digunakan sebagai buku teks untuk memberikan pemahaman yang jelas mengenai prinsip-prinsip melakukan riset bisnis dan konsumen. Buku ini juga memberikan panduan praktis bagaimana melakukan tahap-tahap riset bisnis dan konsumen. Buku ini juga memberikan pedoman bagaimana menulis tinjauan kritis sebuah tesis dan disertasi, serta menulis ringkasan dari tesis dan disertasi tersebut.
Riset pemasaran dibutuhkan untuk melakukan analisa pasar (masyarakat) dan competitive advantage (pesaing bisnis yang menguntungkan). Proses pada riset pemasaran dirancang secara sistematis, dimulai dari menentukan masalah riset pemasaran, merencanakan desain riset, melaksanakan desain riset, dan melaporkan hasil riset pada pembuat keputusan terkaitan dengan masalah-masalah dan peluang-peluang…
Riset operasi yang aslinya berarti research on military operation merupakan suatu alat manajemen (management’s tool) yang sudah menunjukkan manfaatnya di kalangan militer, sekarang telah berkembang dengan pesat di sektor industri untuk memecahkan persoalan agar diperoleh pemecahan yang kuantitatif. Nama lain dari riset operasi (Operation Research = OR) ialah management science, quantitati…
Judul Utama: Strategi Melakukan Riset Kuantitatif, Kualitatif, dan Gabungan. Subjudul: Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi. Buku ini menyajikan cara melakukan riset dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan gabungan secara sekaligus,sehingga diharapkan pembaca akan lebih mudah memahami metodologi riset secara lengkap dan komprehensif. Buku yang terdiri dari 6 bab ini berisi…
Buku ini membahas secara eksklusif bidang riset pemasaran mulai dari penyusunan masalah riset pemasaran, penyusunan desain riset, prosedur dan teknik pengumpulan data primer dan sekunder, desain kuesioner, teknik wawancara, analisis kuantitatif, teknik scaling, serta contoh kasus riil yang dapat diterapkan di bidang bisnis. Kekuatan buku ini terletak pada pendekatan praktis dengan memuat leb…
Deskripsi Metode Penelitian Evaluasi - Sugiyono "Metode Penelitian Evaluasi Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi Penulis : Sugiyono ISBN : 9786022894711 Penerbit : Alfabeta Jumlah hal : 472 hlm Bonus : -1000 BAB 1 KONSEP DASAR METODE PENELITIAN EVALUASI BAB 2 PENELITIAN EVALUASI DENGAN METODE SURVEI BAB 3 PENELITIAN EVALUASI DENGAN METODE PENELITIAN EKSPERIMEN BAB 4 P…
Daftar Isi 1 KARAKTER KHALAYAK 1 APA ITU KHALAYAK? 1 Khalayak Media 5 KARAKTER KHALAYAK 7 Teori Pertimbangan Sosial 11 KHALAYAK DALAM JURNALISME 13 Ruang Publik 16 2 KHALAYAK: PASIF ATAU AKTIF 21 TAKSONOMI HISTORIS KHALAYAK PASIF-AKTIF 21 KHALAYAK PASIF 22 Teori Kultivasi 27 Spiral Keheningan 29 KHALAYAK AKTIF 32 KHALAYAK AKTIF/PASIF 38 Penentuan Agenda antara Media dan Khalaya…
angan pernah membuat keputusan penting atau perencanaan yang penting tanpa informasi yang dapat dipercaya kebenarannya. Informasi pemasaran yang dapat dipercaya adalah informasi yang diperoleh melalui riset pemasaran. Pemahaman tentang cara-cara yang digunakan dalam riset pemasaran sangat penting untuk diketahui baik oleh mahasiswa manajemen maupun para praktisi bisnis
angan pernah membuat keputusan penting atau perencanaan yang penting tanpa informasi yang dapat dipercaya kebenarannya. Informasi pemasaran yang dapat dipercaya adalah informasi yang diperoleh melalui riset pemasaran. Pemahaman tentang cara-cara yang digunakan dalam riset pemasaran sangat penting untuk diketahui baik oleh mahasiswa manajemen maupun para praktisi bisnis
Riset ini mutlak dibutuhkan mengingat pesatnya perubahan dan perkembangan yang akan terjadi abad ini. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen bertujuan untuk mengidentifikasi masalah dan peluang; mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data; memberikan informasi seakurat mungkin untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan dan solusi yang efektif dan efesien, sehingga roda perusahaan terus…
Buku ini memberikan panduan bagaimana melaksanakan riset pemasaran dan konsumen dengan baik. 11 Bab di dalamnya mengulas mengenai riset pemasaran dan konsumen secara lugas, tajam, dan mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun. Para staf pengajar dapat menggunakan buku ini sebagai bahan ajar dalam mata kuliah metode riset pemasaran dan konsumen maupun metode riset bisnis untuk jenjang program s…
Buku ini membahas secara eksklusif bidang riset pemasaran mulai dari penyusunan masalah riset pemasaran, penyusunan desain riset, prosedur dan teknik pengumpulan data primer dan sekunder, desain kuesioner, teknik wawancara, analisis kuantitatif, teknik scaling, serta contoh kasus riil yang dapat diterapkan di bidang bisnis. Kekuatan buku ini terletak pada pendekatan praktis dengan memuat leb…
Buku ini membahas secara eksklusif bidang riset pemasaran mulai dari penyusunan masalah riset pemasaran, penyusunan desain riset, prosedur dan teknik pengumpulan data primer dan sekunder, desain kuesioner, teknik wawancara, analisis kuantitatif, teknik scaling, serta contoh kasus riil yang dapat diterapkan di bidang bisnis. Kekuatan buku ini terletak pada pendekatan praktis dengan memuat leb…
Buku ini merupakan revisi dari buku Prosedur Penelitian Edisi Revisi VI. Pada revisi kali ini terdapat penambahan. Penambahan tersebut yaitu: Pertama: satu cara penelitian, yang semula hanya: operation research (action research) dan penelitian eksperimen (experimen research), penulis menambahkan satu cara penelitan lain yakni penelitian deskriptif (description research). Kedua, penambahan…
Dalam dunia bisnis, salah satu hal terpenting adalah memahami target pasar. Oleh karena itu, dua hal yang sangat penting untuk dipahami, yaitu: riset pemasaran dan perilaku konsumen. Riset pemasaran adalah sebuah penelitian yang sistematis dan detail untuk menyediakan informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan. Sedangkan, perilaku konsumen adalah kegiatan individu yang secara langsung…
Buku ini dapat digunakan sebagai buku teks untuk memberikan pemahaman yang jelas mengenai prinsip-prinsip melakukan riset bisnis dan konsumen. Buku ini juga memberikan panduan praktis bagaimana melakukan tahap-tahap riset bisnis dan konsumen. Buku ini juga memberikan pedoman bagaimana menulis tinjauan kritis sebuah tesis dan disertasi, serta menulis ringkasan dari tesis dan disertasi tersebut.
Menghasilkan sesuatu yang terbaik dari sumber daya yang dimiliki menjadi tujuan setiap orang. Mencari jalur tercepat untuk sampai ke kampus, memilih makanan yang memenuhi gizi tetapi dengan harga paling murah, mengatur barang untuk dibawa saat naik gunung, mengatur portofolio investasi yang paling menguntungkan, mengatur kapan dan berapa banyak pembelian bahan baku produk di suatu perusahaan ad…
Buku Menjelajahi Riset Pemasaran edisi kesepuluh ini memperkenalkan tentang dunia riset pemasarankepada para pembaca. Riset pemasaran merupakan fungsi pengumpulan informasi dalam bisnis. Informasi tersebut berisi tentang informasi yang berkaitan dengan para pelanggan, saingan, tren ekonomi, karyawan, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi kesuksesan pemasaran. Informasi ini membantu dalam peng…
Buku ini merupakan hasil riset tentang ilmu matematika, sehingga dapat memberikan informasi lebih komprehensif yang muncul dari data empirik. dengan demikian, diskursus yang ada dalam buku ini di harapkan pula bisa mengkonstruksi tenaga pengajar yang tangguh dan pantang menyerah.